Articles

TIPS MEMBELI RUMAH SECOND (BEKAS) SECARA SMART

Membeli rumah second bisa dikatakan ibarat mencari jodoh. Membutuhkan waktu yang cukup lama, namun kadang terasa agak mudah. Seperti halnya mencari pasangan hidup,dimana kita melihat apakah calon kita sudah memiliki kriteria yang kita inginkan atau kita idamkan begitu juga ketika membeli rumah sebaiknya tidak hanya tergiur tampilan luarnya saja, tapi juga harus mengetahui kondisi rumah tersebut secara keseluruhan. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari biaya perbaikan yang membengkak saat anda telah pindah, berikut tips yang yang semoga bermanfaat bagi anda :

1. Tentukan budget/ anggaran dari rumah yang akan anda beli
2. Buatlah list keinginan atas rumah yang akan anda beli
3. Pencarian rumah yang dijual
4. Meminta kelonggaran waktu
5. Periksa kondisi bangunan & lingkungan.
6. Periksa tagihan-tagihan yang ada
7. Periksa Status Kepemilikan
8. Periksa Peruntukan dan Golongan Pemugarannya
9. Periksa Kembali Harganya
10. Pilih Notaris yang tercaya
11. Secepatnya transaksi, minimal PPJB

12. Pilihlah broker property yang dapat dipercaya untuk membantu kelancaran transaksi anda Berikut penjelasannya :

1.Tentukan budget/ anggaran dari rumah yang akan anda beli
Sebaiknya anda lakukan kalkulasi financial atas kondisi keuangan anda. Periksa daya beli anda (setelah di jumlahkan dari segala sumber dana anda ). Tambahkan pula dalam anggaran anda minimal 10% untuk renovasi rumah, biaya transaksi, pindahan dan sebagainya. Pertimbangkan juga rencana anda kedepan, seperti menambah anak lagi, ingin melakukan renovasi, dsb.

Bila anda berencana memakai KPR, rumah yang anda inginkan haruslah rumah , ber SHM, ber IMB dan mempunyai nilai jual di pasaran.

2. Buatlah list keinginan atas rumah yang akan anda beli
Buatlah list rumah seperti apa yang anda inginkan, lokasinya, modelnya, dll. Rundingkan dengan anggota keluarga lainnya.
Daftar ini bisa sangat panjang. Bayangkan semua yang anda inginkan dari sebuah rumah.
Pertimbangkan juga jumlah anggota keluarga, pertumbuhan keluarga, hobi anda, gaya hidup anda apakah suka berkumpul, berpesta atau penyendiri.

Dan rasanya lebih nyaman pindah ke rumah yang dekat kekantor, dekat sekolah anak & banyak kerabat menjadi tetangga.

3. Pencarian rumah yang dijual
Carilah sebanyak mungkin rumah yang dijual. Bisa anda temukan di internet, koran, agent properti, dll, atau yang termudah untuk mencari di sekitar serpong adalah di sini Buat sebuah daftar rumah dijual yang menarik minat anda. Tindak-lanjuti, tanya harga, spesifikasi dan fasilitasnya. Coret yang harganya 10% diatas daya beli anda.

Kunjungi rumah-rumah yang anda inginkan, secukupnya saja. Setelah anda menemukan rumah yang sepertinya cocok di harga dan di hati, bikin rencana untuk kunjungan lanjutan yang lebih lama.

4. Luangkan waktu minimal 7 hari

Katakan kepada pemilik rumah atau agen property anda bahwasannya anda menyukai rumah tersebut dan anda minta waktu untuk berpikir serta mempertimbangkan harganya, sekaligus meminta pengurangan harga. Buat tabel dengan 4 kolom. Kolom 1 adalah berisi daftar periksa, termasuk surat-surat rumah, fasilitas yang anda, kesesuaian dengan gaya hidup keluarga anda dll. Kolom 2,3,4 adalah buruk, sedang, bagus. Bawa selalu daftar yang anda buat ini sewaktu anda lakukan kunjungan. Ini untuk mengingatkan anda.

Dan luangkan waktu anda minimal 7 hari, (kecuali anda sudah mengenal wilayah rumah itu). Ini untuk lebih meyakinkan diri, sebelum anda mengajukan penawaran, karena bisa saja begitu anda menawar harga, pemilik rumah langsung setuju; Uang muka yang anda berikan bisa hangus bila anda berubah pikiran.

Jadi ; luangkan waktu !. Anda akan tinggal lama disitu, mungkin 20-30 tahun kedepan.

5. Periksa kembali kondisi bangunan dan lingkungan.
– Kondisi Bangunan Sebaiknya membawa orang yang mengerti seperti kontraktor. Periksa Pondasi dan struktur bangunan. Lantai dan atap. Ada retak ? Ada bekas air di dinding yang horisontal? Ada retak yang vertikal ? Apa ada tanda serangan rayap. Anda bisa melihat dari adanya gundukan kecil tanah di beberapa tempat, kondisi kayu-kayu dirumah itu, atau dirumah sebelah, karena rayap jika ada di 1 rumah, berarti tinggal menunggu waktu untuk menyebar ke rumah yang lain. Jika semua kayu yang digunakan adalah kayu jati itu akan lebih baik. Namun perabotan kayu anda apakah semuanya terbuat dari kayu jati juga ?
Periksa lantai apa ada yang mengembung ?
Periksa atap, serta dinding apa ada bekas air?
Minta denah rumah terakhir apabila pemilik memilikinya. Periksa semua ruangan yang ada didenah tersebut, apakah cocok jumlah dan ukurannya? atau ada ruangan yang hilang? Ini berguna untuk penempatan perabotan dan manajemen ruangan lainnya.

Tanyakan usia bangunan, kapan renovasi terakhir, apa yang direnovasi dan mengapa direnovasi.

Periksa daya dan distribusi dan kondisi kabel listrik.

Rasakan sirkulasi udara di setiap ruangan, bila sumpek, apakah bisa diperbaiki dengan mudah atau harus dipasang AC ?

Periksa intensitas cahaya disetiap ruangan, jika kurang cahaya, ruangan akan lembab, barang cepat berjamur dan menimbulkan bau.

Periksa sumber air, airnya bagus? bisa dipakai minum, mandi atau mencuci mobil ?. Tutup semua kran namun buka kran utama atau hidupkan pompa air lalu cari dinding atau lantai yang basah. Jika ada dinding yang basah ini bisa jadi renovasi yang besar biayanya. Periksa jalur pembuangan sisa rumah tangga, WC lancar? dimana septic tank, dimana tempat pembuangan sampah dan jadwal pengambilannya.

Periksa jalur gas dengan cara yang sama dengan pipa air, apakah ada bau gas yang terasa diruangan yang jauh dari dapur? Bila bangunan sudah berusia diatas 10 tahun biasanya sudah ada yang diganti.

– Kondis Lingkungan Coba ketahui siapa tetangga anda, sudah berapa lama mereka tinggal disitu dan bila banyak rumah yang kelihatan kosong, cari tahu mengapa?, apakah didaerah tersebut pernah atau sering banjir ?, bagaimanakah akses keamanan menuju rumah tersebut ?. Ini bisa jadi petunjuk soal kenyamanan tinggal di lingkungan tersebut. Lalu anda coba jalani rute di hari kerja menuju tempat-tempat biasa anda (dan anggota keluarga lain) beraktifitas. Jarak ke pasar, ke rumah ibadah, ke sekolah, ke Rumah Sakit, teman, pertokoan dan lain-lain. Apakah dekat dari jalur yang dilewati angkutan umum ?. Lalu kembali berjalan-jalan disekitar rumah itu pada MALAM hari. Di hari kerja dan di hari sabtu. Kenapa malam hari ? selain melihat kondisi penerangan jalan juga melihat kehidupan lingkungan, Dokumentasikan semua kekurangan yang anda temui sebagai bahan di perundingan harga. Namun sebelum mengajukan penawaran harga;. 6. Periksa tagihan-tagihan yang ada. Pastikan pemilik lama telah membayar semua kewajibannya ( tagihan listrik, telepon, PDAM, retribusi kebersihan dan keamanan, PBB tahun berjalan, dsb )

7. Periksa kembali status kepemilikan

Ini satu tahap yang sangat penting. Ketahui alasan pemilik menjual rumah, siapa nama yang tercantum disertifikat, apa hubungannya dengan penjual, dll.

8. Periksa kembali Peruntukan dan Golongan Pemugarannya

Anda bisa menanyakan IMB nya. Salahsatu syarat pengajuan KPR adalah IMB. Jadi pastikan rumah tersebut memiliki IMB. Karena ada biaya tambahan jika IMB tersebut tidak dipegang lagi oleh pemilik. Golongan pemugaran bisa dilihat di IMB ataupun Dinas Tata Kota setempat. Periksa ukuran di yang tertera di sertifikat, PBB dan IMB, cocok dengan fisiknya..? 9. Periksa kembali harganya Membeli di atas harga pasaran? Kemahalan;?

Bila harganya sesuai dengan daya beli anda dan anda telah jatuh cinta pada rumah tersebut seharusnya kemahalan tidak boleh jadi suatu masalah bagi anda.

Namun perlu dipertimbangkan sisi investasinya. Jika suatu saat anda harus menjual cepat rumah tersebut, returnnya bisa sangat kecil atau malah rugi.

Rundingkan harga berdasarkan data yang anda miliki.

Perhatikan sikap anda dalam berunding. Banyak transaksi rumah gagal karena ketersinggungan di kedua pihak.

10. Pilih Notaris/PPAT yang terpercaya.

Biasanya dalam transaksi pembelian rumah secara tunai, notaris/PPAT dipilih dan dibayar sepenuhnya oleh pembeli. Untuk itu anda bisa minta referensi dari saudara dan relasi anda. Sebaiknya notaris dan PPAT orangnya sama, itu berarti anda sebaiknya memilih notaris/PPAT yang beroperasi di wilayah tempat rumah tersebut berada.

11. Secepatnya bertransaksi, minimal PJB
Jangan sampai penjual berubah pikiran. Anda akan sangat kecewa.

Akan membuang waktu, energi, biaya dan emosi yang;.. tidak hanya milik anda, tapi juga orang dekat anda

12. Pilihlah broker property yang dapat dipercaya untuk membantu kelancaran transaksi anda Tidak ada salahnya bagi anda memakai jasa agent property dalam memilih rumah yang anda inginkan, karena selain memiliki berbagai macam alternative pilihan bagi anda, merekapun dapat membantu anda dalam proses transaksi & dokumentasi. 

Langkah-langkah Menawar Harga Rumah

Membeli rumah, apalagi untuk ditinggali, tidaklah mudah. Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rumah idaman. Letak atau posisi rumah adalah salah satu penentu harga rumah. Harga adalah faktor penting yang harus dipikirkan dalam membeli rumah. Di sisi lain, kemampuan keuangan Anda juga perlu dipertimbangkan. 

Tawar-menawar adalah seni dalam jual beli. Bagi pembeli, kemampuan tawar-menawar adalah penting agar harga barang atau jasa yang hendak dibeli tidak perlu terlalu tinggi. Sedangkan bagi penjual, tawar-menawar harga juga penting agar ia tetap mendapatkan keuntungan dan tidak ditinggal calon pembeli yang berdaya beli rendah.

Rumah yang bisa ditawar harganya, biasanya adalah rumah bekas. Sebelum memutuskan untuk membeli satu unit rumah, pastikan Anda cocok dengan harga yang ditawarkan pemiliknya.

Adalah hal yang wajar jika penjual menawarkan harga setinggi mungkin bahkan tidak masuk akal buat kita. Di sisi lain, wajar pula jika kita sebagai calon pembeli ingin mendapatkan harga yang serendah-rendahnya. Jangan terburu-buru dalam mengajukan penawaran harga kepada penjual. Pertama-tama, Anda perlu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai beberapa hal, antara lain:
• Kondisi rumah, apakah perlu perbaikan tambahan atau tidak.
• Lokasi rumah.
• Luas tanah dan bangunan.
• Posisi rumah, apakah strategis atau tidak.
• Kondisi lingkungan, termasuk keamanan dan kenyamanan.
• Fasilitas dasar yang dibutuhkan seperti telepon, listrik, air bersih, dan pengolahan sampah.
• Alasan mengapa rumah tersebut mau dijual. Informasi ini bisa diperoleh dari pemilik rumah atau tetangga dekatnya. Alasan penjualan misalnya karena pemilik membutuhkan uang segera, atau sekadar untuk mendapat keuntungan hasil berinvestasi properti.
• Sudah berapa lama rumah tersebut ditawarkan untuk dijual. Jika sudah ditawarkan sejak lama, kemungkinan penjual ingin menjual dengan cepat. Kondisi ini menguntungkan, karena Anda lebih dapat menekan harga.

Setelah itu carilah info kisaran harga rumah yang cocok dengan fasilitas yang ada. Hitung pula harga tanah di daerah rumah itu berada. Anda bisa bertanya pada pemilik rumah lain di perumahan tersebut, atau rumah di sekitar lokasi tersebut. Intinya, sebelum menawar, Anda perlu mengetahui kisaran harga yang wajar.

Kemudian buatlah kalkulasi berdasarkan info-info tersebut. Perkirakan harga yang wajar untuk rumah yang akan Anda beli. Setelah itu siapkanlah rencana untuk membuka penawaran harga kepada pihak penjual. Sampaikan tawaran harga Anda sesegera mungkin ke pihak penjual, karena ada kemungkinan rumah yang Anda incar juga diincar oleh orang lain.

Saat transaksi tawar-menawar, umumnya penjual memasang harga di atas harga rata-rata. Jika demikian, maka Anda juga harus membuka harga di bawah harga taksiran pribadi. Jika penjual menawarkan harga yang berada di atas harga pasaran, tawarlah harga itu hingga mendekati atau bahkan sesuai dengan harga pasaran yang berlaku di wilayah tersebut. Tawar-menawar juga membutuhkan kejelian sekaligus kemampuan bernegosiasi.

Proses tawar-menawar ini bisa berlangsung dalam waktu beberapa hari atau minggu, tergantung kesepakatan kedua belah pihak dan kesesuaian level harga penjual dan pembeli.

7 TIPS MEMBELI RUMAH SECOND

Membeli rumah bekas lebih menguntungkan dibanding dengan memberi rumah baru. Dengan membeli rumah bekas, Anda akan mendapatkan luas tanah yang lebih apabila dibandingkan dengan membeli rumah baru. Selain itu, Anda juga dibebaskan dari pajak pertambahan nilai (PPN). 

Jika Anda hendak membeli sebuah rumah bekas, ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini:

1. Usahakan untuk membeli rumah dari pemiliknya sendiri
Cara membeli rumah bekas yang terbaik adalah langsung dari pemiliknya sendiri/tanpa perantara, karena di sana Anda bisa memperoleh informasi secara detail tentang rumah yang hendak dibeli. Selain itu dengan membeli langsung, harganya akan lebih murah karena penjual tidak perlu memberi komisi kepada broker/perantara.

2. Pilih broker/ perantara yang tepat
Jika terpaksa Anda harus membeli rumah melalui jasa broker, maka pilih broker yang bisa Anda percaya. Alternatif lain adalah dengan meminta referensi broker properti dari relasi-relasi Anda. Jika tidak, sebaiknya gunakan jasa broker porperti terkenal yang sudah memiliki kredibilitas baik, yang akan sangat membantu saat pengurusan dokumen jual-beli, bahkan saat pengajuan KPR seandainya Anda berencana membeli rumah tersebut dengan cara mencicil ke bank.

3. Tanyakan usia bangunan rumah
Secara sederhana Anda bisa mengklasifikasi usia bangunan rumah yaitu : baru (kurang dari 10 tahun), sedang (10 s/d 20 tahun) dan tua (lebih dari 20 tahun). Jika pernah dilakukan renovasi, tanyakan kapan terakhir kali dilakukan renovasi. Tentunya ini bukan patokan baku, karena tentu akan sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan bangunan, tipe struktur dan kualitas pengerjaan yang dipergunakan pada rumah tersebut. Yang jelas, semakin tua usia bangunan maka performa-nya semakin menurun, dan berarti Anda harus bersiap menganggarkan dana untuk merenovasi rumah tersebut.

4. Periksa kondisi fisik rumah
Periksa secara detail kondisi fisik rumah pada setiap bagian-bagiannya, bila perlu buat check list agar lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan. Akan lebih baik jika anda mengajak kontraktor untuk menilai kondisi rumah saat ini. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain :
– Kondisi struktur rumah, periksalah barangkali ada retak-retak di pondasi, dinding, kolom dan balok.
– Periksalah dinding, barangkali ada flek-fek bekas rembesan air tanah.
– Periksa kualitas lantai, apa masih baik atau sudah mengalami penurunan/retak-retak lantai.
– Periksalah barangkali ada bekas-bekas serangan rayap pada kusen, jendela, pintu, plafon dan atap rumah.
– Pastikan bahwa struktur atap masih dalam kondisi baik, lihatlah barangkali ada balok/gording yang keropos, atau kebocoran serius pada talang.
– Jangan lupa cek pula kondisi jaringan listrik PLN di rumah, masih baik atau sudah awut-awutan.
– Apakah kualitas airnya masih layak, dan cek pula jaringan air apa masih dalam kondisi baik.
– Rasakan kondisi ruangan-ruangan, apakah segar, lembab atau malah terasa gerah?

5. Cek lingkungan sekitar rumah
Dapatkan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar rumah, terutama jika rumah itu hendak Anda tempati bersama keluarga. Jangan sampai Anda kecewa karena ternyata lokasi rumah tersebut sulit diakses, rawan keamanan, jauh dari sarana pendidikan atau bahkan ternyata sering kebanjiran.

6. Cek dokumen kelengkapan rumah
Periksalah keaslian sertifikat rumah (SHM), sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan kemudian lakukan cross check pada semua dokumen tersebut. Apabila ternyata nama yang tertera disitu tidak sama dengan nama penjual rumah, tanyakan status hubungannya. Bila katanya belum dilakukan proses balik nama, mintalah Akta Jual Beli yang sah atas rumah tersebut. Untuk rumah yang berstatus harta warisan, tanyakan berapa banyak ahli waris sahnya. Poin ini penting sekali buat Anda, demi menghindari masalah hukum yang tidak diinginkan di kemudian hari.

7. Cek harga
Carilah informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran tanah dan rumah di sekitar lokasi rumah tersebut, sehingga Anda bisa melakukan penawaran dalam kisaran harga yang sewajarnya. Terlebih-lebih jika Anda berencana membeli rumah tersebut untuk kemudian menjualnya lagi.

Pajak dalam Transaksi Property

Pajak dalam Transaksi Property
Sobat – sobat yang mau beli property sebaiknya tahu dulu bahwa dalam transaksi property ada beberapa pajak yang harus dibayarkan. Terkadang kita mengira bahwa harga dalam brosur adalah harga  bersih yang harus di bayar ke developer untuk pembelian rumah.
 

Dengan mengetahui dan memahami pajak – pajak yang dikenakan maka sobat bisa hitung2 lagi bera…pa uang yang harus disiapkan apabila akan membeli property, jangan sampai anda kaget saat mau bertransaksi yang ternyata ada biaya-biaya tambahan yang relative cukup besar. pajak2 tersebut antara lain:

Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
Pajak Pertambahan Nilai ini, mungkin sudah banyak yang paham. Sebenarnya pajak ini tidak hanya dikenakan dalam property saja tetapi dikenakan pada setiap pembelian apapun. Nilainya 10% dari harga dasar. Jadi apabila kita membeli property tanyakan pada pihak developer tentang harga yang dicantumkan di brosur sudah termasuk PPN atau belum?, semakin mahal berarti semakin banyak pula uang yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak ini.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
Besar BPHTB adalah 5% dari nilai transaksi yang sudah dikurangi Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP), nilai NPOPTKP ini berbeda-beda di setiap daerah, misal disuatu daerah nilainya 50 juta. Seandainya harga rumah 80 juta berarti BPHTBnya adalah 5% dari 30 juta = 1,5 juta. Dalam menghitungnya yang digunakan hanya harga dasar saja (tanpa PPN)

Bea Balik Nama (BBN)
Biaya BBN ini berbeda-beda di masing2 daerah, tergantung pada kebijakan kantor pertanahan daerah, rata-rata nilanya sebesar 2% dari nilai transaksi. Ini menjadi tanggungan pembeli. Jika pembelian rumah pada perumahan biasanya akan diuruskan oleh developer tetapi apabila membeli di perorangan maka harus diurus sendiri, untuk lebih mudahnya minta bantuan notaris setempat (yach.. harus mbayar lagi deh..he2x)

Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)
Property juga dikategorikan barang mewah seperti apabila memiliki luasan > 400m2 atau harga bangunan 3 juta /m2.

Saran saya tanyakan secara detail ke developer tentang pajak2 yang harus di bayar.
Maaf kalau ada kesalahan karena saya bukan orang pajak. kalau masih ada yang kurang jelas, langsung aja ke www.pajak.go.id

“Orang bijak taat pajak” Semoga bermanfaat

“dengan berbagi kita perkaya ilmu diri”

Shared from ‘SoloRaya Property”

101 Cara Menaikkan Harga Property Anda dengan modal minimal

101 Cara Menaikkan Harga Property Anda dengan modal minimal (101 Ways to Massively Increase The Value of You Real Estate Without Spending Much Money dari Dr. Dolf De Roos)
1. The humble carport : Bangun carport.
2. Turn a carport into a garage : Rubah carport jadi garasi.
3. Turn a garage into a “sleep out” or spare bedroom : Rubah garasi jadi tempat tidur tambahan atau cadangan.
4. Put up a new front fence : Buat pagar depan yang baru.
5. Paint : Cat ulang
6. Cut the grass : Rapikan rumput dihalaman
7. Seal the driveway : Buat penyekat jalan mobil
8. Put in a new letter box : Pasang kotak surat yang baru
9. Landscape : Buat taman
10. Plant trees : Menanam pohon
11. Remove trees : Singkirkan tanaman yang tidak perlu
12. Replace the spouting : Ganti saluran pipa air
13. Put up new curtain : Pasang tirai yang baru
14. Electrify the curtain : Rubah menjadi tirai otomatis
15. Stretch carpet if rippled : rapikan karpet jika terlipat lipat
16. Steam clean carpets : Bersihkan / cuci karpet
17. Replace carpet : Ganti karpet baru
18. Get rid of the carpet altogether : Singkirkan seluruh karpet
19. New light fixtures and lampshades : Penerangan dan kap lampu yang baru
20. Replace the light switches : Ganti saklar saklar lampu
21. Wash walls and ceilings : Bersihkan dinding dan plafon
22. Put in extra telephone : Pasang paralel atau sambungan telpon baru
23. Put clear house number on the house and somewhere on the streets :Pasang nomor rumah dengan jelas di dinding rumah dan di depan pagar
24. Outside light at front door :Pasang lampu di depan pintu
25. Install big mirrors : pasang cermin cermin besar
26. Touch up all chipped corners : perbaiki sudut sudut dinding yang terkelupas/rusak
27. Hang new wallpaper : Pasang wall paper baru
28. Put in sky light : pasang atap kaca
29. Replace the light bulbs with bulbs of much higher wattage : Ganti bohlam lampu dengan watt yang lebih besar
30. Install a garbage disposal unit in the kitchen sink : Pasang tempat sampah di dekat tempat cuci piring
31. Install a dishwasser : Pasang tempat cuci piring otomatis
32. Install a rangehood : Pasang exhaust fan di atas kompor
33. Change the stove : Ganti kompor
34. Remodel the kitchen : Buat dapur model baru
35. Remodel the bathroom : Buat kamar mandi model baru
36. Build an extra bedroom : Buatlah sebuah kamar tidur tambahan
37. Build an entire in law apartment : Bangun sebuah apartemen khusus untuk orangtua/jompo
38. Subdivide the land and sell it off : Buat kapling kapling dan jual kaplingnya
39. Subdivide the land and build on it : Buat kapling dan bangun rumah dimasing masing kapling
40. Change the door knobs : Ganti handle pintu
41. Replace the front door : Ganti pintu depan
42. Add window screens : Pasang kasa nyamuk
43. Install security lightning : Pasang lampu keamanan
44. Install a burglar alarm : Pasang alarm
45. Fire detection : Alat pendeteksi api kebakaran
46. Fire Extinguishers : Alarm pemadam api kebakaran
47. Install a decent set of locks : Pasang kunci yang sesuai
48. Security doors : Pintu keamanan (Pintu teralis)
49. Plantation shutters : Pasang krey untuk pelindung sinar matahari
50. Automatic lights inside closets : Lampu otomatis didalam closet (tempat baju, semacam kamar penyimpan pakaian)
51. Insulation : Penyekat di sela sela jendela atau pintu (untuk meredam keluar masuknya udara dan suara dari luar)
52. Install double glazed windows : Pasang kaca doule pada jendela\
53. Install laminated windows : Pasang pelapis kaca jendela
54. Enlarge the windows : Perbesar ukuran jendelanya
55. Install sun shades : Pasang pelindung sinar matahari
56. Add shutter to the sides of windows : Tambahkan krey untuk jendelasamping
57. Electrical vertical shutters : Pasang krey otomatis
58. Add a sun deck or convert and existing deck to a porch : Tambahkan atap pelindung matahari, atau rubah atap pelindung matahari jadi teras
59. Power wash the exteriors the house : Cuci dan bersihkan dinding luar rumah
60. Clean roofing tiles of moss : Bersihkan genting rumah dari lumut / jamur
61. Re-roof : renovasi atap
62. Put in a trellis : Pasang teralis
63. Put in a barbeque area : Buat area untuk memanggang makanan
64. Fit a shower over a bathtup if there is no shower : Pasang shower dibathup
65. Install exhaust fan in bathrooms : Pasang exhaust fan di kamar mandi
66. Air conditioning : Pasang AC
67. Reverse-cycle heat pumps : Penghangat ruangan
68. Convert from leasehold to freehold land : Rubah dari HGB jadi SHM
69. Put telephone & power lines underground : Pasang saluran kabel listrik dan telpon di bawah tanah
70. Install a closet organizer : Pasang rak dan laci untuk mengatur closet /ruang penyimpan pakaian
71. Change from septic tank to sewer lines : Rubah dari sistem septic tank kesistem saluran pembuangan
72. Install a videophone at the front door : Pasang sistem video phone di pintu masuk rumah
73. Install a CCTV system in an apartment building : Pasang sistem CCTV digedung apartemen
74. Install an electric garage door opener : Pasang pintu garasi otomatis
75. Electric baggage lift : Pasang Lift khusus barang
76. Install extra electric outlets : Pasang tambahan soket listrik
77. Ground fault circuit interrupters :Pasang saluran untuk grounding listrik
78. Give a tenant free, unlimited a long-distance phone cells : Berikan penyewa fasilitas untuk saluran bebas SLJJ
79. Free, unlimited internet access : Saluran internet tanpa batas
80. Fill empty buildings : Isi bangunan yang kosong
81. Create value from vacant land : Ciptakan nilai tambah dari lahan kosong,mis : dijadikan kapling siap bangun, lahan parkir atau pusat jajan, dll
82. Erect a parking building : Buat gedung khusus untuk parkir
83. Make the office pleasant : Ciptakan suasana yang menyenangkan dikantor. Mis : warna cat yang ceria, tanaman hias di dalam ruang, dll
84. Turn the building into a huge advertisement : Jadikan dinding kosong gedung menjadi tempat / sarana iklan yang besar
85. Sell the naming rights to your building : Jual hak penamaan bangunan
86. Rent out space for a cell-phone towers : Sewakan untuk menara BTS
87. Rent out billboard space : sewakan untuk tempat papan iklan
88. Convert existing buildings to storage units : Rubah fungsi bangunan menjadi gudang penyimpanan
89. Change the size of rental unit : Rubah ukuran dari unit ruang sewa
90. Let’s build five storage garage : Dirikan 5 buah garasi penyimpanan (buat tambahan ruang garasi penyimpanan)
91. Put in a helipad : Buat sebuah landasan helicopter
92. Tricle chargers and chocks for the classic car collection: Siapkan sistem penghangat ruangan penyimpan koleksi mobil antik
93. Install a home spa : Buat ruangan khusus untuk spa
94. Put in a swimming pool : Buat kolam renang
95. Remove a swimming pool : Singkirkan kolam renang yang ada
96. Rise to the occasion : Naikkan harga sewa pada musim liburan
97. Build a multi media theater : Buat ruangan multimedia home teater
98. Install a video security system : Pasang sistem video keamanan
99. Electric and remote controlled entrance gates : Buat pintu gerbang masuk otomatis
100.Install a rotating platform in the driveway : Buat bundaran untuk mobil berputar
101.Saving the best for last : Simpan hal hal yang terbaik untuk yang terakhir(Miliki beberapa kartu “Truft” dalam bernegosiasi
 

5 Langkah Bikin Harga Rumah Jadi Mahal

Harga sebuah rumah biasanya dihitung berdasarkan luas tanah dan bangunannya. Namun ada faktor lain yang bisa membuat harga rumah Anda menjadi lebih mahal. 

Adalah faktor estetika rumah yang bisa membuat rumah Anda lebih mahal. Berikut ini trik untuk mempercantik rumah untuk meningkatkan harga penjualan rumah tersebut, seperti yang dikutip dari freshome.

Bagian Depan
Kesan pertama sangat menentukan ketertarikan seorang calon pembeli. Jika bagian depan rumah sudah mempesona, maka akan dengan mudah mengambil hati mereka untuk membeli rumah Anda.

Perhatikan semua bagian depan rumah Anda. Pastikan taman terlihat indah dengan tatanan yang indah dengan bunga yang cantik dan tanpa kehadiran rumput liar. Tidak perlu memanggil tukang kebun untuk membenahinya, melakukannya sendiri akan membuat hasilnya lebih maksimal dan menyenangkan.

Jika Anda tidak memiliki taman, maka tambahkanlah bunga segar di dalam pot pada pintu masuk. Hal ini akan menambah keindahan rumah. Jangan lupa untuk mengecat pagar dan pintu masuk bila perlu.

Cat
Banyak orang yang menyukai warna netral untuk warna interior rumah. Hal ini tentunya akan efektif untuk menarik perhatian calon pembeli. Pilihan warna putih atau krem bsia menjadi solusi untuk mempercantik rumah dan membuatnya terlihat lebih luas.

Ruang Lapang
Sebuah ruangan yang lapang akan mempermudah calon pembeli untuk membayangkan apa yang akan mereka letakkan di dalam rumah Anda jika mereka membelinya. Oleh karena itu, singkirkan semua barang-barang yang sudah tidak berguna yang membuat ruangan-ruangan di dalam rumah Anda menjadi terlihat sesak.

Udara
Sirkulasi udara yang baik akan membuat para calon pembeli merasa nyaman untuk tinggal. Bersihkan semua jendela di rumah dan biarkan jendela-jendela tersebut terbuka beberapa jam sebelum calon pembeli datang. Dengan begitu sirkulasi udara akan membaik dan membuat rumah Anda menjadi lebih nyaman.

Kebersihan
Membersihkan rumah sebelum para calon pembeli melihatnya sangat penting. Dengan kondisi rumah yang bersih, akan membuat mereka berpikir bahwa Anda sangat rajin menjaga rumah.

Bersihkan tiap ruangan dari debu dan kotoran. Bila perlu tukar perabot yang sudah rusak untuk memberikan nilai tambah pada rumah.

DAFTAR HARGA TANAH JAKARTA & SEKITARNYA 2011

DAFTAR PERKIRAAN HARGA-HARGA TANAH DI JAKARTA PER.APRIL 2011

( harga disusun berdasarkan hasil pemantauan permintaan jual dan beli yang terjadi di pasar )

CATATAN :

Harga tanah sangat bervariasi oleh :

– Surat Hak ( Hak Milik, HGB , HPL , Hak Sewa/pakai, dll )

– Bentuk Kavling ( Kotak dan tidak huk biasanya lebih mahal )

– Ukuran Ideal ( lebar dibanding panjang min. 1 : 2, max. 1 : 3 )

– Posisi kavling ( di pojok belakang biasanya lebih murah drpd di depan atau tengah )

– Lebar Jalan

– Letak kavling terhadap jalan ( tusuk sate biasanya susah terjual dan harganya murah )

– Hadap ( arah mata angin , tergantung kecocokan fengshui masing2 orang beda )

– Tanah yang sudah dibangun dinilai plus 5 – 10%

Jakarta Utara

– Kelapa Gading

Janur Elok Rp.5.000.000 – 6.500.000

Janur Indah Rp. 6.000.000 – 8.000.000

Janur Kuning Rp. 4.500.000 – 5.000.000

Janur Hijau Rp. 4.000.000 – 4.500.000

Kelapa Molek / Kelapa Hijau / Sumaagung Rp. 3.000.000 – 4.000.000

Bukit Gading Villa Rp.15.000.000 – 20.000.000

Bukit Gading Mediterania Rp. 10.000.000 – 12.000.000

Villa Gading Indah Rp.5.500.000 – 7.500.000

Villa Artha Gading Rp.11.000.000 – 15.000.000

Gading Kirana Rp.7.500.000 – 9.000.000

Kelapa Nias Rp. 4.000.000 – 5.000.000

Janur Asri / Kelapa Hibrida Rp.3.500.000 – 4.000.000

Kelapa Lilin / Gading Indah Rp.6.000.000 – 6.500.000

Villa Permata Gading Rp. 6.000.000 – 7.000.000

Grand Orchard / Royal Orchard Rp. 8.000.000 – 10.000.000

– Pantai Indah Kapuk

Gold Coast Rp 9.500.000 – 11.000.000

Garden House Rp.7.500.000 – 8.500.000

Bukit Golf Mediterania Rp.5..500.000 – 7.500.000

Layar Rp. 4.500.000 – 5.000.000

Mediterania PIK Rp.7.000.000 – 8.000.000

Mayang Rp. 5.000.000 – 6.500.000

Katamaran Rp.5.000.000 – 6.500.000

Florence Rp. 6.000.000 – 7.000.000

Taman Golf Rp. 6.500.000 – 8.000.000

Grisenda Rp.4.500.000 – 5.000.000

Camar Rp.4.500.000 – 5.000.000

Elang Laut Rp. 4.200.000 – 5.000.000

Manyar Rp.4.500.000 – 5.500.000

Crown Golf Rp. 8.000.000 – 9.000.000

-Pluit

Pantai Mutiara Rp.4.500.000 – 7.000.000

Pluit Karang Rp.3.800.000 – 4.500.000

Pluit Murni Rp. 4.500.000 – 5.500.000

Pluit Indah Rp.6.000.000 – 7.000.000

Pluit Sakti Rp. 4.500.000 – 5.000.000

Pluit Barat Rp.4.000.000 – 4.500.000

Pluit Putri Rp.4.000.000 – 5.000.000

Pluit Permai Rp.4.200.000 – 6.000.000

Pluit Timur Rp. 4.000.000 – 4.500.000

Pluit Raya Rp.5.500.000 – 7.500.000

Pluit Samudra Rp.4.000.000 – 5.000.000

Muara Karang Rp. 4.000.000 – 4.500.000

– Ancol

Pangandaran Rp.4.000.000 – 4.500.000

Parangtritis Rp.4.000.000 – 5.000.000

Karangbolong Rp.4.000.000 – 4.500.000

The Green Rp.7.000.000 – 7.500.000

The Forest Rp.7.500.000 – 8.000.000

The Bukit Rp.7.000.000 – 7.500.000

Pantai Kuta Rp. 4.500.000 – 5.000.000

Pantai Sanur Rp.4.500.000 – 5.000.000

Pasir Putih Rp.4.500.000 – 5.500.000

Puri Jimbaran Rp.6.000.000 – 6.500.000

– Sunter

Agung Utara Rp.4.000.000 – 4.500.000

Sunter STS Rp.3.500.000 – 4.000.000

Paradise 1 Rp.4.000.000 – 4.200.000

Paradise 2 Rp. 4.000.000 – 5.000.000

Paradise 3 Rp.5.000.000 – 7.000.000

Sunter garden Rp.5.000.000 – 6.000.000

Sunter Metro Rp.5.000.000 – 6.500.000

Agung Perkasa Rp.4.000.000 – 5.000.000

Danau Agung Rp.5.000.000 – 5.700.000

Agung Tengah / Agung Indah Rp.4.000.000 – 5.500.000

Danau Indah Rp.4.500.000 – 5.500.000

Sunter Indah / Danau Asri Rp.4.000.000 – 4.500.000

Sunter Hijau Rp.3.500.000 – 4.500.000

Sunter Jaya Rp.3.500.000 – 4.000.000

Sunter Bisma Rp.4.000.000 – 5.500.000

Jakarta Pusat

– Griya Inti Sentosa Rp.6.000.000 – 8.000.000

– Angkasa Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Kepu Dalam Rp.3.000.000 – 3.500.000

– Tamansari Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Gajah Mada Rp.5.000.000 – 8.000.000

– Pademangan Rp. 3.000.000 – 4.000.000

– Gunung Sahari Rp.5.000.000 – 8.000.000

– Tanah Abang Rp. 7.000.000 – 15.000.000

– Fakhrudin Rp.12.000.000 – 25.000.000

– Kebon Kacang Rp.5.000.000 – 7.000.000

– Cideng Rp.4.500.000 – 6.000.000

– Menteng Rp.7.000.000 – 25.000.000

– Teuku Umar Rp 20.000.000 – 35.000.000

– HOS Cokroaminoto Rp. 20.000.000 – 30.000.000

– Imam Bonjol Rp 25.000.000 – 35.000.000

– Jalan Suwiryo Rp 15.000.000 – 30.000.000

– Jalan Jambu Rp 10.000.000 – 20.000.000

– Jalan Syamsurizal Rp. 7.000.000 – 10.000.000

– Jalan Jeruk Rp 6.000.000 – 7.000.000

– Jalan Surabaya Rp 7.500.000 – 10.000.000

– Jalan Diponegoro Rp 20.000.000 – 35.000.000

– Cikini Raya Rp 7.000.000 – 15.000.000

– Jalan Gereja Theresia Rp. 10.000.000 – 12.000.000

– Jalan MH.Thamrin Rp 20.000.000 – 40.000.000

– Jalan Jendral Sudirman Rp. 25.000.000 – 40.000.000

– Jatinegara Rp 3.000.000 – 8.000.000

Jakarta Barat

– Puri Indah Rp.6.000.000 – 8.500.000

– Kebon Jeruk Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Meruya Rp.3.000.000 – 4.500.000

– Puri Kencana Rp.5.500.000 – 6.500.000

– Sunrise Garden Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Green Garden Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Puri Botanical Rp.4.500.000 – 5.500.000

– Tomang Rp.3.500.000 – 6.000.000

– Citra Garden Rp.2.500.000 – 3.500.000

– Taman Palem Rp.3.000.000 – 4.500.000

– Daan Mogot Rp. 3.000.000 – 4.500.000

– Cengkareng Timur Rp. 2.000.000 – 3.500.000

– Tubagus Angke Rp.4.000.000 – 6.500.000

– Casa Jardine Rp.4.500.000 – 6.500.000

– Green Mansion Rp. 5.000.000 – 6.000.000

– Jalan Panjang Rp. 4.000.000 – 7.000.000

– Kemanggisan Rp.4.000.000 – 5.500.000

– Permata Buana Rp. 5.000.000 – 6.500.000

– Teluk Gong Rp.3.000.000 – 4.000.000

– Green Ville Rp. 3.500.000 – 4.000.000

– Taman Surya Rp.3.000.000 – 3.500.000

– Jelambar Rp.2.500.000 – 3.000.000

Jakarta Selatan

– Pondok Indah

Padang Golf Rp.12.000.000 – 16.000.000

Metro Pondok Indah Rp.8.000.000 – 12.000.000

Metro Kencana Rp.10.000.000 – 12.000.000

Gedung Hijau Rp.7.000.000 – 10.000.000

Sekolah Duta Rp. 8.000.000 – 11.000.000

Kartika Utama Rp. 9.000.000 – 12.000.000

Alam Segar Rp.12.000.000 – 13.000.000

Arteri Pondok Indah Rp.8.500.000 – 12.000.000

– Kemang

Jalan Bangka Rp.3.000.000 – 6.000.000

Kamang Raya Rp 8.000.000 – 10.000.000

Kemang Utara Rp. 4.000.000 – 6.000.000

– Pejaten Barat Rp. 4.500.000 – 8.000.000

– Pejaten raya Rp. 4.500.000 – 8.500.000

– Kalibata Rp 2.500.000 – 4.500.000

– Kebayoran baru Rp. 10.000.000 – 30.000.000

– Kebayoran lama Rp. 6.000.000 – 10.000.000

– Kuningan Rp 20.000.000 – 25.000.000

– Mega Kuningan Rp 25.000.000 – 35.000.000

– Tebet Rp.4.000.000 – 12.000.000

– Pancoran Rp.4.000.000 – 10.000.000

Jakarta Timur

– Kayu Putih Rp.3.000.000 – 4.000.000

– Rawamangun Rp.4.500.000 – 5.000.000

– Pulo Mas Rp.3.500.000 – 5.500.000

– Pahlawan Revolusi Rp.4.000.000 – 6.000.000

– Duren Sawit Rp.3.000.000 – 4.500.000

– Jalan Pemuda Rp.4.000.000 – 5.000.000

– Jalan Pramuka Rp.5000.000 – 7.500.000

– Cipinang Rp.2.700.000 – 3.500.000

– Matraman Raya Rp.4.000.000 – 6.000.000

– Klender Rp.3.000.000 – 4.000.000

– Utan Kayu Rp. 4.000.000 – 4.500.000

Lain -lain

– Alam Sutera Rp. 2.500.000 – 3.000.000

– BSD Rp. 2.000.000 – 4.000.000

– Sumarecon Serpong Rp.3.000.000 – 3.500.000

– Cibubur Rp. 1.500.000 – 2.500.000

– Sentul City Rp. 1.200.000 – 2.500.000

– Villa Kota Bunga Puncak Rp. 1.500.000 – 2.500.000

– Villa Green Apple Rp. 1.200.000 – 2.200.000

– Villa Puncak resort Rp.1.000.000 – 1.200.000

– Raya Cipanas Rp. 2.000.000 – 2.500.000

– Depok Rp 1.500.000 – 2.500.000

– Lippo Karawaci ( non Golf ) Rp. 2.000.000 – 2.500.000

– Lippo Karawaci ( golf ) Rp. 3.000.000 – 3.500.000

2 thoughts on “Articles

  1. Numpang nanya nih….kalau mau beli rumah dengan KPR prosedurnya gimana yah??
    bisa bantu nggak???
    Thank’z

    • Dear Dya,

      Thanks atas kunjungannya di blog kami, adapun jwban atas pertanyaan adalah sbb:

      1. Pilih / Tentukan rumah idaman yg akan dibeli scr KPR.

      2. Tawar harga transaksi rumah tsb sesuai dgn harga pasaran di area tsb dgn membandingkan rmh yg lainnya. Untuk mudahnya lebih menghubungi Agent Property / Property Consultant yg berlokasi disekitar rumah yg diinginkan tsb, krn biasanya mereka sangat mengetahui informasi terkait property di area kerjanya.

      3. Sesuaikan harga rumah dengan kemampuan mencicil angsuran bulanan dgn cara : Besar Cicilan maksimum perbulan adalah 1/3 penghasilan (income) bulanan Mis : Income Rp 6.000.000,- maka Max. cicilan perbulannya sebesar Rp.2.000.000,-.

      4.Biasanya Limit max. Pinjaman (Pagu) dr Bank sebesar 80 % dari harga hasil Appraisal Independent tsb.
      Jika Nilai Deal rumah yang diincar lebih besar dari pagu yg disetujui Bank, maka diperlukan tambahan dana sbg Down Payment (Uang muka) dan kekurangan ini harus anda bayarkan scr tunai sbl Transaksi (Akad Kredit).
      Bila Nila Pagu lebih besar dr Harga jual rmh tsb maka ini lah yg dimaksud anda mendapatkan CASHBACK dr KPR.

      Semoga penjelasan ini bisa membantu anda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s